Tagline
Mencatat Pertanian Indonesia
Berita Populer

Pelaksanaan Gladi Kotor Sensus Pertanian 2023

04 Oktober 2021
BPS Kabupaten Ende
393
Pelaksanaan Gladi Kotor Sensus Pertanian 2023

Badan Pusat Statistik sebentar lagi akan melaksanakan perhelatan besar, yaitu Sensus Pertanian (ST) tahun 2023. Dalam rangka mempersiapkan ST 2023 mendatang, BPS melaksanakan Gladi Kotor ST pada tujuh kabupaten terpilih yang tersebar di lima provinsi, yaitu Riau (Kabupaten Kampar), Jawa Tengah (Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Brebes), Jawa Timur (Kabupaten Malang dan Kabupaten Probolinggo), Nusa Tenggara Barat (Kabupaten Bima), dan Sulawesi Selatan (Kabupaten Maros).

 

Kegiatan Gladi Kotor ST 2023 berlangsung dari tanggal 1 s.d 31 Oktober 2021. Sebelum pelaksanaan Gladi Kotor, BPS Kabupaten Bima sebagai salah satu kabupaten terpilih mengadakan pelatihan petugas pada tanggal 27 s.d 30 September lalu. Total petugas Gladi Kotor ini sebanyak 5 orang.

 

Pencacahan Gladi Kotor mencakup semua unit usaha yang mengusahakan salah satu subsektor pertanian yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan. Sedangkan cakupan unit usaha pada kegiatan ini adalah unit usaha perorangan, unit usaha pertanian lainnya, dan unit usaha perusahaan pertanian. Pada kegiatan ini dilakukan uji coba terhadap tiga moda pencacahan yaitu PAPI, CAPI, dan CAWI. (RW)