Tagline
Mencatat Pertanian Indonesia
Berita Populer

Merajut Semangat Menyambut Sensus Pertanian 2023

04 Mei 2021
BPS Kabupaten Kulon Progo
199
Merajut Semangat Menyambut Sensus Pertanian 2023

Dengan semangat “Merajut Semangat Sukseskan Sensus Pertanian 2023, Kami Bisa!” dimulailah acara Internalisasi Sensus Pertanian 2023 yang diikuti oleh seluruh pegawai BPS se-Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan secara langsung baik secara offline (di Gedung BPS RI) maupun online (zoom dan youtube). Acara ini merupakan titik awal sosialisasi pelaksanaan Sensus Pertanian ketujuh yang akan dilaksanakan tahun 2023 mendatang.

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Statistik Produksi, Habibullah, menyatakan bahwa perlu ada inovasi dalam pelaksanaan ST2023 demi mengikuti perkembangan zaman. Beliau juga menyampaikan agar seluruh pegawai BPS bersemangat dalam menyongsong ST2023.

Sensus Pertanian 2023 nanti akan mengacu pada World Programme for the Census of Agriculture (WCA) 2020 dari Food Agricultural Organization (FAO), yang merupakan acuan pelaksanaan Sensus Pertanian tahun 2016-2025 negara-negara di dunia. Kemudian, dalam pelaksanaan pendataannya nanti selain menggunakan kuesioner kertas (PAPI) juga akan menggunakan Computer Assisted Personal interviewing (CAPI) dan Computer Assisted Web Interviewing (CAWI).

Kepala BPS, Suharianto, menyampaikan bahwa sektor pertanian adalah sektor yang memiliki ketahanan yang luar biasa. Meskipun Indonesia dilanda pandemi yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi, namun sektor pertanian mampu mengalami pertumbuhan positif. Hal tersebut menunjukkan pentingnya pelaksanaan ST2023 nanti.

Secara rinci, Kadarmanto, Direktur Statistik Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan BPS memaparkan grand design pelaksanaan ST2023 serta manfaat hasil ST2023. Cakupan ST2023 meliputi Subsektor Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan serta Jasa Pertanian.

Sensus Pertanian 2023 disiapkan untuk menyediakan data yang dibutuhkan untuk menjawab isu-isu strategis terkini di bidang pangan dan pertanian.

BPS Kabupaten Blora siap menyambut Sensus Pertanian 2023!

(Kontributor: Novita)